Yogyapos.com (YOGYA) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Yogyakarta Daerah Istikewa Yogyakarta (DIY) berobsesi untuk berinvestasi di bidang Pendidikan yang berciri khas ormas ini untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) umat.
Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua PC NU Kota Yogyakarta, Dr H Munjahid MAg dalam sambutannya saat Silaturahmi dan Jaring Aspirasi bersama Dr H Hilmy Muhammad MA anggota DPD RI dari DIY, di Gedung Pertemuan Masjid Radhatul Huda Celeban Umbulharjo Kota Yogyakarta, Minggu (8/3/2020) malam.
Munjahid menegaskan, sudah saatnya NU di Kota mempunyai lembaga pendidikan berkualitas untuk menghidupkan NU khususnya dan masyarakat secara luas pada umumnya. Maka dengan adanya acara jaring aspirasi saat ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan cira-cita itu.
Menanggapi hal itu, Anggota DPD DIY DrH. Hilmy Muhammad MA mengatakan pihaknya mendukung dan berupaya ekstra keras untuk mewujudkan harapan dari pengurus NU Kota dan Wilayah DIY yang berkeinginan mempunyai sekolah NU.
“Namun harapannya bahwa sekolah yang didirikan jangan madrasah yaitu MI , MTs dan Aliyah. Madrasah sudah diurusi oleh Pondok Pesantren (Ponpes). Apabila PC NU Kota mendirikan sekolah seyogyanya adalah bentuk sekolah sekolah umum (bukan madrasah) yaitu TK, SD, SMP dan SMA,” sarannya.
Pada kesempatan sama, Kepala SMK Maarif Wates Kulonprogo DIY Rahmad Raharja MPdi, menyatakan berdasarkan pegalaman bahwa dengan dikelola secara serius, maka berpresrasi tingkat nasional dan ber-ISO beberapa kali hingga saat ini. Bahkan sekolah ini jadi diminat.
“Maka sekolah NU termasuk yang Kota Yogya, harapanannya juga harus dikelola secara profesional,” ungkap Rahmad.
Sedangkan Wakil Khatib PWNU DIY Dr Ghufron, menyatakan mendirikan sekolah NU, agar lebih mudah , maka harus sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Ini bisa terwujud apabila didukung oleh semua pihak,” harap Ghufron.
Silaturahmi dan jaring aspirasi ini, terjadi inferaksi hifuo dua arah antara para nara sumber dengan masyarakat terkait dengan pendidikan dan yang lainnya. (Supardi)